Wednesday, 24 February 2010

.mifkaisme weblog.

.mifkaisme weblog.


Sekedar Tips Melawan “Hantu” Insomnia

Posted: 23 Feb 2010 09:02 PM PST


Sebagian dari kita pasti ada yang hobi begadang, nonton bola, atau senyum-senyum sepanjang malam, dan lain sebagainya. Tapi sebagian yang lain, termasuk saya, merasa jengkel kalau sudah sulit tidur, ah padahal tak ada kegiatan. Hm, ini bisa jadi ulah insomnia. Insomnia adalah “hantu tengah malam” yang merebut waktu tidur kita. Ia dapat menyerang semua golongan usia. Ia membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Ada juga yang mengatakan tipe insomnia seperti sering bangun tengah malam atau bangun terlalu dini. Meskipun banyak orang yang terbiasa bangun lewat tengah malam untuk melaksanakan sholat malam, misalnya. Tidak masalah, kecuali bila sudah sangat menganggu, sangat kronis. Lalu apa penyebabnya?

Makan malam terlambat bisa menganggu proses masuk tidur, terutama bila dalam porsi besar. Apalagi jika mengkonsumsi protein yang berlebihan. Maka makanlah minimal 2 jam sebelum tidur dengan porsi sedang. Nah, diet super-ketat juga dapat menyebabkan sering bangun tengah malam karena rasa lapar akibat turunnya kadar gula, kekurangan vitamin, mineral dan zat gizi lain. Maka jika ingin berdiet, konsultasilah ke ahlinya. Insomnia juga bisa disebabkan alergi terhadap makanan. Jika insomnia dicurigai karena satu jeni makanan, hentikanlah mengkonsumsinya beberapa minggu lamanya, kalau bisa seumur hidup. Nah, kebiasaan mengkonsumi teh, kopi. rokok bahkan alkohol sebelum tidur, bisa juga menjadi penyebabnya. Yang justru dianjurkan adalah segelas susu hangat.

Saya seringkali sering bangun malam karena rasa lapar yang membakar. Saya tahu hal itu disebabkan karena gangguan kesehatan, biasanya gangguan saluran pencernaan, umumnya lambung. Seharusnya sih saya segera pergi ke dokter, minta diperiksa. Tapi saya sering membiasakan diri minum segelas air putih jika lapar mendera, hal itu jadi solusi yang mudah. Tapi, tentu saja, jangan terlalu banyak minum air putih, bisa sibuk dong kita mondar-mandir ke toilet. Penyebab lain, kita super sibuk, sehingga kita makan asal-asalan, yang penting perut terisi. Akibatnya, kebutuhan vitamin, mineral dan zat gizi lain tidak terpenuhi. Tak luput, kebiasaan menonton TV dan membaca buku, bisa juga menjadi salah satu penyebabnya. Kebiasaan itu harus segera dikurangi, setidaknya sejam sebelum tidur. Hm, jarang mandi juga bisa membuat susah tidur. Badan jadi tak enak, gerah. Makanya ada yang menganjurkan mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur, karena akan  merangsang tidur, dan tubuh jadi tidak tegang.

Penyebab lain mungkin terlalu tingginya tingkat stress. Hal ini biasanya sering menyerang orang yang berusia lebih tua. Meskipun di zaman sekarang, orang muda juga bisa terkena stress yang akut. Banyak cara untuk melawan stress, bisa dengan “membebaskannya” pada hobi, misal menulis dan lainnya. Bisa juga dengan olah raga yang teratur, di pagi harinya. Dengan olah raga, kita bisa memberi energi yang kuat bagi tubuh untuk meminimalisir stress. Biasakan melakukan relaksasi secara rutin, misalnya mendengarkan musik, melatih pernafasan atau meditasi, agar tubuh santai.  Kesulitan untuk tidur, bahkan insomnia, memang bisa membuat seseorang menderita. Pastikan tempat tidur kita dan lingkungan sekitar dibuat senyaman mungkin, membuang cemas dan rasa khawatir dalam kepala, dan membiasakan hidup yang sehat dan tidur yang teratur.

Hanya itu yang saya tahu, barangkali masih banyak hal lain yang menjadi penyebab waktu tidur seseorang bermasalah. Tentu saja, ada banyak hal juga untuk mengatasinya… []

Filed under: Ω Seputar Kesehatan Tagged: Insomnia, Susah Tidur

Download MP3: Musikalisasi Puisi “Depan Cermin” (Puisi-puisi Agus Nasihin & Yanti Sri Budiarti)

Posted: 22 Feb 2010 11:50 PM PST


“Puisi adalah pikiran yang musikal”, kata Thomas Carlye Jika puisi adalah musik, mengapa harus dibuat musikalisasi puisi? Justru karena puisi itu musik, lebih “enak” jika diiringi instrumen musik. Musik adalah bahasa yang universal. Kita dapat menikmati musik instrumen atau lagu-lagu berbahasa asing walaupun tidak memahami makna lirik lagunya. Begitupun puisi, kata-kata dalam puisi penuh dengan konotasi, simbol, metafora. Puisi sering dihindari karena menuntut kita untuk mengaktifkan imajinasi dan pikiran (sebagian besar tidak suka berpikir). Puisi yang diolah menjadi musikalisasi puisi setidak-tidaknya diharapkan akan lebih mudah mendekatkan puisi kepada khalayak yang lebih luas. Dengan demikian, puisi dapat lebih diapresiasi oleh masyarakat yang lebih luas. Selamat menikmati musikalisasi puisi yang diambil dari kumpulan puisi “Ketika Engkau Menagih Puisi” (Agus Nasihin) dan “Bolehkah Merindu” (Yanti Sri Budiarti). Terima kasih. (Agus Nasihin & Yanti Sri Budiarti)

“Setiap orang memerlukan ‘makanan’ yang bermutu bagi jiwanya. Musik dan lagu merupakan salah satu ‘makanan’ jiwa. Musik dan lagu yang bermutu adalah yang memiliki kedalaman makna. Musikalisasi puisi adalah makanan yang bergizi. Musikalisasi puisi juga dapat menjadi jembatan bagi kualitas apresiasi musik dan apresiasi puisi.”
-Agus Nasihin

A. Bima Sutisna dan Agus Nasihin telah membuat album VCD  Musikalisasi puisi Agus Nasihin & Yanti Sri Budiarti dengan judul DEPAN CERMIN. Album ini dibuat sebagai bahan apresiasi sastra (Puisi).  Pencipta lagu dan penata musik pada album Depan Cermin ini adalah A. Bima Sutisna, yang dalam penggarapannya dibantu oleh musisi-musisi muda berbakat yang tergabung dalam grup band Aktor Orchestra, di antaranya En’s Hengki dan Triandi Purnama Ramadhan.

Berapapun kadar kualitas lagu dan musik yang saya buat, semata-mata hanyalah ungkapan rasa syukur yang sangat sederhana atas karunia Allah yang Maha Luas dan Tak Terhingga.

-A. Bima Sutisna (Pecipta Lagu, Penata Musik & Vokal)

Musikalisasi Puisi Agus Nasihin & Yanti Sri Budiarti (MP3)

01. A. Bima Sutisna – Iqra (Puisi Agus Nasihin).mp3
02. A. Bima Sutisna – Depan Cermin (Puisi Agus Nasihin).mp3
03. A. Bima Sutisna – Bolehkah Merindu (Puisi Yanti Sri Budiarti).mp3
04. A. Bima Sutisna – Ketika Kau Ragukan Aku (Puisi Agus Nasihin).mp3
05. A. Bima Sutisna – Ketika Engkau Menagih Puisi (Puisi Agus Nasihin).mp3
06. A. Bima Sutisna – Helatan Pelangi (Puisi Yanti Sri Budiarti).mp3
07. A. Bima Sutisna – Salam (Puisi Agus Nasihin).mp3
08. A. Bima Sutisna – Di Hujan (Puisi Yanti Sri Budiarti).mp3
09. A. Bima Sutisna – Istirahlah (Puisi Agus Nasihin).mp3
10. A. Bima Sutisna – Kuterjemahkan Pedih (Puisi Yanti Sri Budiarti).mp3
11. A. Bima Sutisna – Buat Alia dan Ibunya (Puisi Agus Nasihin).mp3

Album VCD: DEPAN CERMIN

Pencipta Lagu & Penata Musik: A. Bima Sutisna

Aktor Orchestra – Bandung, 2009

BELI VIDEO CD
DAN ALBUM LENGKAPNYA!

Status Posting: menunggu evaluasi…..

Filed under: Zero

No comments: