Monday 7 July 2008

Berebut Klip Musik di Internet


Mungkin di antara anda sudah mengetahui bahwa mendengar potongan lagu saat ini sudah tersedia di Internet secara online. Untuk mereka yang belum mengetahui, kami mencoba memberikan informasi lebih lanjut tentang klip lagu saat ini memang diberikan di beberapa situs online penjual musik.

Artikel ini ditujukan bagi mereka yang memiliki wawasan dan mau mencari lagu atau musik berbeda dibandingkan orang lain. Kita mengetahui banyak aliran musik. Dari sekedar pop, jazz, R&B, rock, heavy metal, sampai klasik yang umumnya favorit didengar. Beberapa orang juga menyukai musik baru seperti jenis dance, trance, techno yang dianggap sebagai musik modern. Lalu berlanjut dengan pendengar khusus dengan aliran Chillout, Ambient dan sebagainya.

Kebanyakan dari pendengar lebih banyak mencari dan dengar musik dari pendapat orang lain. Sementara sebagian lebih pendengar sudah berkembang, untuk mencari musik baru yang tidak lazim didengar bahkan dikenal orang. Contoh saja musik dance, trance yang umumnya didengar oleh mereka yang menyukai clubbing atau dugem atau nongkrong di cafe, diskotik dan tempat clubber. Disana sering diputar musik tersebut, bahkan dibeberapa tempat masih dibagi lagi dalam beberapa aliran musik seperti proggresive musik sampai full techno. Yang pasti apapun jenis musiknya, bila terasa nyaman dan memberikan nilai positif maka aliran musik bisa dijadikan nilai tambah dalam menikmati hidup.

Apapun aliran musik yang anda dengar sebenarnya banyak beredar di Internet. Sementara di Indonesia sendiri memang sangat sulit mencari CD yang mengikuti aliran khusus tersebut. Maklum begitu banyak jenis aliran musik akan menyulitkan importir menjual semua jenis CD untuk memenuhi keinginan orang lain. Tetapi diluar sana sudah banyak situs situs menjual CD bahkan di dunia bawah tanah ( underground) ikut serta menyebarkan musik dari aliran biasa sampai yang tidak biasa melalui jaringan sharing P2P ataupun disembunyikan pada situs tertentu.

Situs penjual musik online saat ini tidak lagi menjual CD ke pembeli melainkan dalam bentuk digital yang bisa di download. Alasan bisa saja lebih praktis untuk mereka yang tidak ingin membeli CD ke toko, karena sekarang sudah jaman digital. Pengembangan lebih lanjut, penjual CD audio juga mulai mengembangkan lagu atau musik yang dijual secara ketengan. Yah ini cara jual yang efektif, karena dunia digital memungkinkan hal tersebut terjadi dan penjual cukup membayarkan royalti dari musik yang mereka jual. Di sisi pembeli hanya bermodalkan sebuah media CD untuk membuat mengkopi lagu asli dari penjual. Unik memang, didunia maya ini menjadikan usaha apa saja bisa berkembang. Dari cara menjual CD asli ditoko musik, berkembang menjual CD online musik, dan berlanjut dengan menjual copy lagi seperti format MP3 dan WAV sampai musiknya sekarang malah bisa dijual dengan cara mendownload secara ketengan (satuan lagu saja)

Membeli lagu asli dengan format digital sudah dibuat secara online. Begitu mudahnya anda ingin membeli lagu asli, tinggal masukan nomor credit card atau memiliki account virtual money, dalam waktu sesaat lagu asli sudah bisa didengar penuh. Selanjutnya bikin album musik pribadi agar bisa didengar di kendaraan atau player dirumah.

Perkembangan ini seharusnya patut di contoh di negara kita. Karena harga sebuah lagu asli dijual sekitar 8000 sampai 20000 ribu saja. Hemat kan. Entah mengapa di Indonesia tidak melakukan terobosan tersebut, padahal sistem bisa saja dibuat.

Tetapi bukan itu inti dari artikel ini. Kami ingin memberikan informasi bahwa mencari lagi di internet menjadi lebih mudah. Mengapa, karena beberapa situs online menyediakan potongan klip lagi sesaat dengan durasi 30 detik sampai 1 menit. Hal ini bisa dijadikan referensi bila anda ingin mencari musik baru dan mendengar terlebih dahulu apakah musik tersebut memang menarik. Apakah anda akan membeli ditoko online secara resmi, mencari di internet atau mencari di jaringan P2P, itu bukan alasan penulisan artikel ini. Tetapi kami hanya ingin memberikan informasi bahwa mencari dan mendengar klip musik memang sudah ada fasilitasnya. Dibawah ini situs situs yang dapat dijadikan referensi bila anda tertarik mencari klip lagu via toko online.
1 JunoDownload
2 TrackITdown
3 CD Universe
4 DanceMusicHUB
5 Music.Download.com
6 Barnesandnoble
7 Amazon
8 Beatport
9 AudioJelly

Sumber artikel klik disini

No comments: